Web Hosting

19 Oktober 2011

Partisi ubuntu rusak gara-gara mati listrik

Saya memiliki pengalaman betapa susahnya menangi OS Ubuntu pada saat mati listrik dadakan. bagi os ubuntu yang tidak setabil setelah mati listrik secara tiba-tiba akan tidak bisa login lagi ke ubuntu desktopnya soalnya partisian ubuntu kaget. Hahaha..., cape deh kalau 10 user begitu semua puyeng juga. setelah muter-muter dirumah mbah goole ketemu dengan blog atau forum saya agak lupa soalnya maaf blm sempet maen lenbih dekat, intinya : system operasi ubuntu itu, setiap user menyalakan komputernya akan ada yang selalu ngecek partisian yang sudah ada baik partisian root ataupun drive data, atau yang lainnya.

Jika komputer tiba-tiba mati karena listriknya njepret atau madak (mati mendadak). maka pada saat di nyalakan akan ngecek partisian tersebut. jika tidak berhasil di recovery makan ubuntu akan bilang give your root password for maintenance atau initramfs atau apalah... Makanya setiap kita konfigurasi komputer harus diset password rootnya, agar dapat digunakan padasaat begini.

Untuk hal tersebut Saya pernah melakukan langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Buka terminalmu : kita lakukan FSCK setiap partisi. caranya masuk root # fcsk /dev/sda7 (semua sda harus di fsck), ikutin prosesnya termasuk harus pencet y (yes) banyak banget, tergantung permasalahan kerusakan partisi.
  2. Setelah selesai fsck dan berhasi login, matikan proses auto cek partisiannya caranya : masuk terminal lagi, akses root ketik : sudo nano /etv/fstab [enter deh], keluarlah beginian,
  3. Wah kurang jelas, intinya itu yang ada angka-angka 1 dan 2 atau 3 harus diganti dengan 0 (nol). jadi pada saat mati listrik mendadak ubuntu tidak melakukan recovery partisi. partisi akan di akses pada saat status terakhit os di nyalakan.
Demikian semoga bermanfaat.
by ubuntudesktop

:: HOME :: MULTIPLY :: CONTACT ::