Web Hosting

11 Desember 2013

Cara install font windows (arial, times new roman) untuk libre atau open office di ubuntu


Computer font atau lebih dikenal (font) merupakan berkas data elektronik yang berisi serangkaian ikon, karakter, ataupun simbol. Pada sistem operasi ubuntu font-font yang biasa dipergunakan di windows tersebut secara default tidak terinstall jadi kita harus install.

Apa harus diinstall ?

Pada dasarnya banyak orang diluar sana yang masih menggunakan ms office, sementara font default pada ms office itu arial atau time new roman, bahkan font yang lain seperti comic sans dll. efeknya adalah ketika libre office kita tidak memiliki  font default windows seperti arial atau times new roman maka tampilan di libre office sangat berantakan, itu salah satu penyebab mengapa file ms office ketika dibuka akan berantakan, karena secara default font berubah, ukuran kertas berubah, margin kertas juga berubah. Nah untuk meminimalisir perubahan tersebut yang terlalu besar sebaiknya font yang di windows diinstall saja.

Cara Install Font windows

Buka Synaptic pakages manager, kemudian masukkan password login dan akan muncul daftar seleuruh aplikasi baik yang belum terinstall maupun yang sudah terinstall di ubuntu. ketik ttf-msc pada kolom Quick filter seperti gambar ini :

Centang ttf-mscorefont-installer, lakukan instalasi sampai selesai, diperjalanan proses isntall akan muncul gambar seperti ini :

Centang pada Do you accept the EULA license terms ?, lalu forward untuk menyelesaikan proses instalasi hingga selesai. Hasilnya agan bisa buka libre officenya dan lihat apakan sudah ada salah satu font seperti arial ?

Semoga bermanfaat
by

distroubuntu.com

:: HOME :: MULTIPLY :: CONTACT ::