Web Hosting

28 Juni 2013

Tahap-tahap instalasi ubuntu 12.04 [mempartisi yang benar]

Sepi banget posting malem ini, gak ada copy gak ada cemilan dan gak ada bunyi-bunyian. TV Matiin, Musik Reggae gak ada mau minum males. lanjuttt gan ngetik dengan 11 jari.

Ceritanya barusan dapet kasus, disebuah perusahaan yang baru migrasi ke ubuntu dikatakan bahwa, cpu rakitan dengan spesifikasi dual-core ram 1gb sangan lambat diinstall ubuntu. padalah pas pake wind**s lancar-lancar aja kecuali kena virus. lama matinya dan males idupnya..

Gak terima kl distroubuntu.com yang sudah terbiasa menangani os ubuntu dibilang kalau spek seperti itu di ubuntu lemot. usut punya usut setelan berkonsultasi ternyata tim itnya menurut saya salah dalam mempartisinya. yang memang di tutorial beberapa blog mengatakan bener. tapi menurut distroubuntu salah. mari kita buka masalahnya..


Tahap Instalasi...

Kami anggap sudah tau kalau belum tau kemari aja. nah pada saat partisi menurut pengalaman saya, yang perlu di install adalah swap [> 2x ram sebenernya], root [/] tandnya gitu doank, bisa di buat >50GB, [saat ini minimal hardisk sudah 250GB] jd hangan pelit-pelit. kemudian yang ketiga adalah lokal drive atau kl di Wind**s Drive D. Yang saya temuin pada kasus sebelumnya adalah dibuatkan partisi /home sebagai penyimpanan data.


Koreksian...

Kalau /home berisikan data-data maka dampaknya adalah /home membebani root / soalnya pada saat user akses data / ikut terbaca. beda jika kita bedakan antara / dan penyimpanan lokal disk [partisi DATA], jadi pada saat user mengakses lokal disk maka partisi yang berjalan adalah partisi DATA contoh yang biasa saya lakukan pada saat install ubuntu.

Partisi seperti gambar, dan menyisakan partisi free space yang nanti akan di buat lokal disk (DATA). setelah selesai di install dengan cara setelah selesai install akses disk utility dari dashome, kemudian lakukan seperti gambar dibawah ini.

Atau lang sung dipartisi seperti gambar diatasnya...
Jadi menurtu saya akan lebih aman jika membuat partisi seperti yang saya lakukan. kita merekomendasinya user agar selalu menyimpan data pada partisi DATA. JIka OSnya mangalami kerusakan maka data aman. selain itu juga jika user menyimpan data pada partisi sistem (/root = Doc. Desktop. Download etc) jika partisi /root penuh hingga 0 freespace maka ubuntu anda tidak akan bisa login atau muncul The System is running in low-graphics mode.
 
Semoga Bermanfaat....


:: HOME :: MULTIPLY :: CONTACT ::