Web Hosting

24 Juni 2013

Cara Menambah Font di Ubuntu 12.04

Apa sih font ?

Font adalah sebuah karakter dalam menuliskan dokumen baik dalam desain grafis ataupun di dalam aplikasi pengolah kata seperti Libre Office Writer (Office kalo di Win**s). Tampilan font ini sesuai dengan kebutuhan kita. terkadang kita kurang puas dengan font yang sudah di sediakan oleh aplikasi dan harus menambah font-font lain. Font-font tersebut kita bisa download dari situs penyedia font seperti dafon dan sebagainya.

Dari hasil download beberapa font kita bisa letakkan di ubuntu sebagai font tambahan yang kita gunakan untuk membuat sesuatu, apakah itu pengolah kata atau untuk kebutuhan desain grafis seperti Gimp, Inkscape dan sebagainya. nah dikesempatan ini saya akan membri tips agar font yang sudah kita dowload agar dapat digunakan di OS ubuntu kesayangan kita.

Siapkan font yang akan kita letakkan disistem ubuntu kita, misalnya folder font ada di /home/distroubuntu/Documents/Font Download, proses copy font bisa dari terminal dengan commanline atau melalu dsktop. sekarang kita coba melalui dekstop langlahnya adalah :

Buka terminal Ctr+Alt+T setelah muncul ketik sudo nautilus 


Lalu akan muncul tampilah berikut ini folder / explore :

Gambar di atas menjelaskan dimana lokasi font hasil dowload yang akan dicopy


Gambar berikut ini adalah likasi font akan dipaste /usr/share/font. silahkan paste semua font yang anda inginkan.

Tahap terakhir adalah buka terminal lakukan change owner. berhubung tadi pada saat copy/paste dalam mode root maka kita harus berikan akses untuk user kita, misalnya user kita distroubuntu, maka cara change ownernya adalah :


Selesai ketik hal tersebut tinggal ENTER 

Selesai kita bisa lakukan uji coba apakah font tersebut berhasil, bisa kita lihat di Libre Office, atau Gimp.


Selesai, Selamat mencoba..


:: HOME :: MULTIPLY :: CONTACT ::